Wisuda Sarjana XIII Sekolah Tinggi Teknologi Bandung : 45 Hari Waktu Tunggu Lulusan untuk Memasuki Dunia Kerja


Hari Sabtu tanggal 8 Desember 2018, bertempat di Harris Hotel & Conventions Festival Citylink Bandung, Sekolah Tinggi Teknologi Bandung menggelar kegiatan wisuda sarjana ke XIII. Kegiatan yang berlangsung sejak pukul 07.30 dan berakhir pada pukul 13.00 tersebut dihadiri oleh para wisudawan dan wisudawati serta orang tua dan tamu undangan. Pada kegiatan tersebut, Sekolah Tinggi Teknologi Bandung atau biasa disingkat dengan STTB berhasil meluluskan total 183 orang mahasiswa yang berasal dari dua program studi yakni Teknik Industri dan Informatika dengan rincian 106 orang lulusan berasal dari program studi Teknik Industri dan 77 orang lulusan berasal dari program studi Informatika. Hingga saat ini STTB sudah meluluskan 1355 mahasiswa, suatu pencapaian luar biasa.

Wisudawan STTB ( sumber dok. member pasukan blogger JA)

Acara berlangsung padat dan penuh khidmat. Terlihat kebahagiaan para calon wisudawan beserta keluarga. Kerja keras dalam menjalani perkuliahan yang rata-rata berhasil ditempuh selama empat tahun berbuah manis. Para mahasiswa berhasil lulus dan berhak mendapat gelar S.T. untuk lulusan Teknik Industri serta S.Kom. untuk program studi Informatika.

Sebagai Sekolah Tinggi yang memiliki tagline “ Your Partner to Global Competition”, STTB terus melakukan peningkatan mutu dan kualitas. Hal tersebut terlihat dari prestasi yang diukir baik oleh civitas akamedika dan mahasiswa. Pada kesempatan tersebut, Ketua Sekolah Tinggi Teknologi Bandung Bapak Muchammad Naseer, S.Kom., M.T. menyampaikan bahwa terdapat 120 dosen dilingkungan STTB. Sembilan puluh enam orang dosen sudah menempuh jenjang S-2. Targetnya, pada tahun 2019 sebanyak 72% dosen sudah mampu menyelesaikan S-3. Terdapat 12 orang dosen yang telah memperoleh hibah dari  Kementrian Riset dan Teknologi DIKTI. Selain itu terdapat prestasi mahasiswa yang diperolah salah satunya adalah karya mahasiswa jurusan Desain dan Komunikasi Visual kambali terpilih untuk dipamerkan di Korea Selatan.

Sekolah Tinggi Teknologi Bandung mengirimkan 13 orang mahasiswa untuk mengikuti kegiatan internship di Taiwan. Pada masa magang tersebut mahasiswa memperoleh gaji sebesar 4-6 kali UMR Bandung. Selain program internship juga terdapat program kerja ke Taiwan dan Jepang bagi lulusan STTB. Alumni yang tertarik mengikuti kesempatan kerja tersebut dipersilakan untuk datang langsung ke bagian front office.

Sekolah Tinggi Teknologi Bandung memiliki target yakni pada tahun 2020 berubah menjadi universitas. Langkah yang dilakukan untuk mencapainya adalah dengan terus melakukan penyempurnaan sarana serta prasarana. Jumlah mahasiswa yang terus meningkat menjadi dukungan yang nyata akan terwujudnya cita-cita tersebut. Pada tahun ajaran 2018 STTB berhasil memperoleh mahasiswa baru sebanyak seribu orang lebih, naik 20 persen dari tahun sebelumnya.

Salah satu program yang menarik dan menjadi solusi bagi mahasiswa yakni adanya tabungan sampah. Hal tersebut dilakukan STTB melalui kerjasama dengan Bank Sampah Bersinar (BSB) milik Ibu Fifie Rahardja. Selain dengan bank sampah, STTB pada kesempatan wisuda tersebut melakukan MoU dengan beberapa pihak yakni : Universitas Nasional PASIM, PT. POS, PT. SLU,CMYK dan HUNCHI TAIWAN.

Secara statistik, lulusan STTB hanya membutuhkan waktu 45  hari atau kurang lebih satu setengah bulan sejak kelulusan langsung memasuki dunia kerja. Waktu tunggu yang relatif cepat. Bahkan terdapat banyak alumni yang sudah bekerja sebelum lulus, salah satunya adalah Nurdiansyah. Mahasiswa jurusan Informatika tersebut sudah melakukan kerjasama dengan Joeragan Artikel  mengerjakan 3 buah proyek pembuatan web site yang dilakukan bersamaan dengan menyelesaikan skripsi. Suatu prestasi yang membanggakan. Dalam hal ini, lulusan STTB memiliki kompetensi yang dibutuhkan banyak pihak. Karena itu tak heran jika kemudian hampir setiap hari STTB memperoleh permintaan tenaga kerja lulusannya.

Salah satu wisudawan STTB sebelum lulus sudah bekerjasama membuat project web diapit pasukan Blogger
(sumber : dok. member pasukan blogger JA)

Kegiatan wisuda sarjana XIII STTB juga dimeriahkan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa yang menampilkan tarian, angklung serta aneka lagu yang memberikan kehangatan suasana. Orasi ilmiah disampaikan oleh Dr. Cyrille SCHWOB, APAC  yang menjabat sebagai Head Office & Research Technology Development Airbus  Asia Pasific bertempat di Singapura.


Ketua STTB berfoto bersama Head Office Airbus Asia Pasific ( sumber : dok ketua STTB)

Berbeda dengan perhelatan wisuda yang bisa digelar di universitas negeri, selesai mengikuti acara para wisudawan dan tamu undangan diberikan jamuan makan siang dengan aneka sajian menu yang memiliki kelezatan. Tentu saja hal ini memberikan kesan dan kebahagiaan tersendiri.

Bravo STTB, selamat kepada para lulusan, semoga ilmu yang diperoleh membawa manfaat dan keberkahan bagi diri dan lingkungan sekitar. Wisuda bukan akhir segalanya, tetapi menjadi pintu pembuka bagi peran diri di masyarakat dan negara serta pengabdian dalam karya pada Alloh SWT  pencipta semesta.


#Sekolah Tinggi Teknologi Bandung


2 comments:

  1. Prestasi yg membanggakan, lulusan STTB hy memerlukan wkt 45 hari sejak kelulusan, sdh bs masuk dunia kerja

    ReplyDelete