Tips Sukses Mendaftar BPJS Secara Online

Tips Sukses Mendaftar BPJS Secara Online --Pendaftaran BPJS paling lambat dilakukan pada tanggal 1 Januari 2015. Bagi Anda yang belum sempat mendaftarkan diri karena faktor kesibukan, mendaftar secara online dapat menjadi solusi pilihan yang tepat. Pendaftaran keanggotaan BPJS secara online tidak memakan waktu lama. Syarat utamanya tentu adanya koneksi internet yang baik. Selain itu Anda perlu mempersiapkan dokumen-dokumen terkait.

Pendaftaran BPJS secara online seringkali tak semudah yang dibayangkan. Saya pribadi pernah mengalami kegagalan saat mendaftar pertama kalinya sekitar 3 bulan yang lalu. Masalahnya adalah tidak adanya email notifikasi lanjutan dari data-data yang telah diinputkan.

Ternyata ada 2 syarat yang tidak saya penuhi. Yang pertama adalah saya menggunakan rekening di bank swasta dan yang kedua adalah saya menggunakan alamat email dari Yahoo. Berdasarkan penelusuran melalui mesin pencari, agar pendaftaran online berjalan lancar maka sebaiknya gunakan alamat email menggunakan layanan gmail serta data rekening yang digunakan adalah rekening BRI/BNI/Mandiri.

Bagaimana jika Anda belum memiliki no rekening di Bank tersebut di atas? Anda dapat meminjam no rekening di bank tersebut atas nama saudara atau rekan Anda sebagai syarat formalitas. Jangan khawatir BPJS tidak akan serta merta memotong isi tabungan tanpa persetujuan si empunya. Untuk pembayaran  premi bulanan Anda akan diarahkan pada Virtual Acount dari Bank tersebut.

Langkah berikutnya adalah persiapkan data-data sbb :
  1. Kartu Keluarga ( No KK, NIK, Nama, Jenis Kelamin, TTL)
  2. Pastikan pilihan kelas yang akan Anda ambil
  3. Alamat dengan alamat surat menyurat
  4. Fasilitas kesehatan TK I terdekat sesuai alamat KTP
  5. Data no rekening Bank
  6. Data NPWP (isikan dengan 00000 jika belum ada)


Berikutnya adalah Anda ketikkan alamat situs BPJS Kesehatan : http://bpjs-kesehatan.go.id selanjutnya pilih menu Pendaftaran Online yang terdapat di kiri atas.
 
cara daftar BPJS secara online
Menu Pendaftaran Online 

Terdapat 4 menu yang harus Anda isikan datanya secara lengkap.
  
Menu yang harus Anda lengkapi datanya 

Jika Anda akan mendaftarkan anggota keluarga lainnya maka klik REGISTRASI KELUARGA, data anggota keluarga akan menginduk pada data awal yang diinputkan (karena masih ada dalam satu KK).
input anggota keluarga BPJS
Pilih Registrasi Keluarga untuk input data tambahan anggota keluarga 

Saya menemui kesulitan saat akan mengisi data alamat surat-menyurat. Kesulitan terjadi saat saya akan memilih Kabupaten/Kota. Rupanya ketika akan memunculkan pilihan Kabupaten atau kota kita harus klik gambar filter yamg terdapat di baris Propinsi. Seterusnya klin gambar filter yang terdapat di baris kabupaten/kota untuk memunculkan pilihan kecamatan.

Klik filter di baris Propinsi untuk memunculkan pilihan Kabupaten/Kota
Jika Anda telah lengkap mengisi data-data di 4 menu yang diminta, klik SIMPAN selanjutnya buka gmail akan ada email notifikasi untuk memberitahukan no rekening virtual guna menampung dana premi bulanan yang Anda setorkan.

Alhamdulillah saya berhasil mendaftarkan 9 anggota keluarga dengan menggunakan alamat gmail dan rek Bank yang saya miliki. Pembayaran premi pun dengan lancar saya bayarkan esok harinya melalui teller di Bank BRI ditujukan pada rek virtual yang dimiliki masing-masing peserta terdaftar (pembayaran tidak boleh lebih dari 24 jam setelah mendaftar online). Bulan berikutnya saya diminta membayar langsung dari ATM (semula saya mau membayar via ATM namun struk bukti pembayaran tidak bisa dicetak karena kertas habis).

Yuk segera daftar BPJS saat ini juga karena pembayaran bisa dilakukan melalui ATM bank yang Anda miliki. Masih bingung dengan Tips Sukses Mendaftar BPJS Online? Mari saya bantu ;)

1 comment:

  1. jdi inget 8 bulan lalu mbk...ngantri manual dngn perut hamil besar 9 bln WOW...smua mata mnatapku pastiny tapi seru hehe... 3x nyoba gagal trus krn terlalu siang dtangnya

    ReplyDelete