Wisuda XIV Sekolah Tinggi Teknologi Bandung : Orasi Ilmiah Dr. Ing. Ilham Akbar Habibie, M.B.A dan Sepenggal Kisah Haru Wisudawan



Sekolah Tinggi Teknologi Bandung pada tanggal 11 Januari 2020 melaksanakan wisuda yang ke XIV   di  Harris Hotel & Conventions  Bandung.  Perhelatan wisuda digelar sejak puku 08.00 WIB , mewisuda 209 (Dua Ratus Sembilan) orang, dengan komposisi wisudawan : prodi Teknik Industri sebanyak 113 (Seratus Tiga Belas) orang,  prodi Teknik Informatika sebanyak 70 (Tujuh Puluh) orang, dan prodi Desain Komunikasi Visual sebanyak 26 (Dua Puluh Enam) orang.

Dr. Ing. Ilham Akbar Habibie, M.B.A. berfoto bersama ketua STTB, pengurus yayasan LPPIB dan Senat STTB (sumber: PBJA)

Salah satu putra amarhum B.J. Habibie yakni Bapak Dr. Ing. Ilham Akbar Habibie, M.B.A. turut hadir dalam kegiatan tersebut untuk menyampaikan orasi ilmiah. Hadir pula jajaran pengurus yayasan Dr. Dadang Hermawan beserta istri dan para mitra STTB yang akan menandatangani MoU.

Penandatanganan MoU STT dan mitra (sumber : PBJA)


Kegiatan wisuda berlangsung meriah, diawali dengan tarian selamat datang dilanjutkan dengan sambutan Ketua Sekolah Tinggi Teknologi Bandung, Bapak Muchammad Naseer, S.Kom., M.T. menyampaikan kemajuan yang sudah diperoleh Sekolah Tinggi Teknologi Bandung selama tahun 2019. Berikutnya, sambutan disampaikan oleh Bapak Dadang Hermawan mewakili Yayasan Lembaga Pendidikan Pembangunan Indonesia Bandung (LPPIB).

Pesan Dr. Ing. Ilham Akbar Habibie, M.B.A. pada Wisudawan

Dalam orasi ilmiah yang berjudul : Peranan Generasi Muda dalam Penerapan Teknologi dan Inovasi di era 4.0, Dr. Ing. Ilham Habibie, M.B.A menyampaikan point-point penting pada para wisudawan terkait perannya di era 4.0. Beberapa hal penting yang disampaikan antara lain bahwa ekonomi di masa mendatang harus memiliki inovasi agar mempunyai daya saing tinggi. Kehadiran UKM baru sangat diperlukan dalam ekonomi inovasi di masa depan, karena UKM memiliki peran sebagai penyedia lapangan pekerjaan, aktor dalam proses teknologi - inovasi – kewirausahaan, kontributor substansial terhadap peningkatan ekspor, daya saing dan produktivitas. UKM juga berperan dalam agregator pemerataan kesejahteraan serta stabilisator dan pendorong pertumbuhan ekonomi.
Orasi Ilmiah Dr. Ing. Ilham Akbar Habibie (sumber : PBJA)

Kemunculan UKM baru yang akan mendorong ekonomi inovasi, dalam hal ini peran pendidikan berkualitas sangat dibutuhkan sehingga mampu melahirkan mahasiswa yang memiliki jiwa inovator. Karakteristik  inovator handal adalah memiliki pola pikir oportunistik yakni kemampuan mengidentifikasi celah  pasar. Inovator harus berpendidikan karena dengan pendidikan ini akan melahirkan inovator yang terorganisir dan berhati-hati dalam melangkah. Inovator harus memiliki jiwa proaktif dan tingkat kegigihan yang tinggi disertai social capital yang membuatnya mampu produktif secara tim.

Cerita Haru Wisudawan Sekolah Tinggi Teknologi Bandung

                Di antara rona bahagia wajah para wisudawan, terselip kisah haru penuh perjuangan. Adalah Bagus Krishna Tirta dan Jejen Kurnia, dua orang mahasiswa tersebut sangat menginspirasi. Kisah perjuangan keduanya dalam proses menyusun skripsi dapat menjadi penyemangat siapapun yang saat ini tengah berada dalam keterbatasan kondisi fisik maupun finansial.

                Bagus Krishna Tirta, mahasiswa berkacamata adalah pengidap penyakit parkinson, penyakit yang umumnya di derita orang dewasa usia 50-70 tahun. Innalillahi pantas saja ia selalu nampak gemetar dan menggigil. Rupanya mengidap parkinson, Penyakit tersebut yang menyebabkan tubuhnya gemetar alias tremor.

                Memiliki penyakit tersebut di usia muda tentu bukanlah kenyataan mudah yang harus dihadapi. Kondisi tersebut tak menghalanginya untuk terus menggapai cita-cita, termasuk melakukan studi ke Taiwan bersama mahasiswa Sekolah Tinggi Teknologi Bandung lainnya.

Tentu saja semangat Bagus untuk terus menggapai cita tak lepas dari dukungan orang tua dan teman-teman serta civitas akademik Sekolah Tinggi Teknologi Bandung. Bagus menyatakan pernah alami pingsan hampir lebih dari 8 jam ketika berada di Taiwan akibat dehidrasi. Saat itu teman-teman banyak membantunya.

Dalam buku wisudawan Bagus menuliskan kesan selama kuliah di STTB dengan kalimat : Jutaan orang tidak menyadari, bahwa di STTB saya dapat menemukan passion saya dan memberikan pengalaman berharga yang tidak saya dapatkan di tempat lain. Saat ini Bagus mengajar Bahasa untuk persiapan teman-teman yang angkat berangkat ke Taiwan dan merintis start up bidang teknologi.

                Berbeda dengan Bagus, mahasiswa bimbingan bernama Jejen Kurnia adalah salah satu mahasiswa bimbingan yang memiliki daya juang luar biasa. Jejen bukanlah tergolong mahasiswa cerdas, namun memiliki kemauan belajar tinggi disertai jiwa pantang menyerah. Jejen  bukanlah mahasiswa dari keluarga berada, tempat tinggalnya di Garut Selatan belum bersentuhan banyak dengan teknologi.   

Dalam kondisi keilmuan yang terbatas ia berhasil menyelesaikan skripsi membahas mengenai Sistem Informasi Geografi Pariwisata Desa. Keterbatasan tak meruntuhkan semangatnya. Dalam buku wisuda Jejen menuliskan kesan selama kuliah di STTB : Selalu Semangat. Saat ini Jejen menjadi guru olah raga, TIK dan kesenian serta membantu apparat desa dalam pengolahan data.

                Tentu dorongan dan doa orang tua serta dukungan teman-teman dan civitas akademika Sekolah Tinggi Teknologi Bandung sangat berpengaruh dalam membantu mahasiswa menyelesaikan studi secara tepat waktu. Kisah dua orang mahasiswa tersebut hanyalah secuil kisah yang terekam dan dalam semangat para wisudawan Sekolah Tinggi Teknologi Bandung.

Sumber : IG sttbandung
                Selamat bagi pada para wisudawan, semoga semakin sukses menggapai cita dalam lindungan Alloh Swt serta rida kedua orang tua. Selamat untuk Sekolah Tinggi Teknologi Bandung telah menjadi tempat mahasiswa menimba ilmu dan kawah candradimuka yang membentuk mahasiswa kuat secara ilmu dan mental dalam menghadapi perjuangan hidup sesungguhnya. Semoga para mahasiswa mampu menjadi inovator penggerak kemunculan era ekonomi inovasi dengan bantuan teknologi sehingga mampu menjawab tantangan era 4.0






#STTBandung
#WisudaXIVSTTBandung
#CampusofInnovation
#CampusofTechnology
#CampusofDesign
#CampusofCreativity
#CampusofFutureLeader




1 comment:

  1. Masyaa Allah, perjuangan Bagus dan Jejen luar biasa. Semoga sukses selalu. Menjadi contoh bagi mahasiswa lainnya ya, Ummi.

    ReplyDelete