Selamat Jalan Aki

Malam tadi mendapat kabar dari adik, bahwa Aki Aman (Aki = kakek, bhs Sunda) meninggal dunia.
Padahal kurang lebih 3 minggu yang lalu,  Aki datang bersilaturahim ke rumah Mamah.

Aki tinggal sebatang kara, dua kali menikah , dua kali juga ditinggal istrinya. Dari kedua pernikahannya belum sempat dikaruniai anak.
Aki adalah pejuang silaturahim, kemana pun jauhnya jarak rumah family pasti ditempuhnya.Saya belum bisa sehebat Aki.

Kesendiriannya tak membuatnya larut dalam sedih. Silaturahim adalah pembunuh sepi, memperpanjang usia dan rejeki beliau. Aki tutup usia lebih dari 80 tahun.

Tak banyak yang kuketahui tentang Aki. Beliau adalah Paman dari Ibuku. Aku hanya mengenalnya sebagai Adik dari Kakek yang ahli silaturahim. Sejak aku masih duduk di bangku SD, hingga usiaku berkepala 4 ini, Aki tetap istiqomah, silaturahim.

Ada yang aneh saat sekita 3 minggu lalu Aki datang ke rumah . Aki diantar seorang Bapak menggunakan ojeg. Rupanya Aki salah alamat. Padahal bertahun-tahun kami tinggal di sini, tak pernah sekalipun Aki lupa.

Aku jadi cemas memikirkannya, Keinginan Aki untuk terus silaturahim memang tak bisa dilarang. Kuasa Alloh Swt menjaga mahluknya, kesehatan, rejeki dan banyak hal lainnya kutemukan dalam diri Aki. lama tak mempunyai pekerjaan, tak mempunyai keturunan dan istri, namun kasih sayang Alloh Swt senantiasa tercurah, penjaganNya pun demikian. Aki dijagaNya tak tersesat.

"Ki, jangan bepergian seorang diri " ujar Mamah  *percakapan asli  menggunakan bahasa Sunda ;)

Aki terlihat lebih kurus saat itu, biasanya makan siang di tempat kami.Aku mau menggorengkan telur, tetapi beliau menolak.Ada undangan untuk merencanakan lamaran di tempat saudara rupanya. Subhanalloh, Aki juga sangat menghargai Undangan. Jauh-jauh datang sendirian. Dan disela-sela acara undangan tersebut, beliau menyempatkan diri silaturahim kepada kami.

Beruntunglah hari itu aku bisa mengantarnya ditemani 2 anakku, Kusampaikan pada 2 anakku yang juga cicitnya bahwa Maha Besar Alloh yang menjaga hidup dan kehidupan Aki.

Selamat Jalan Aki..Terima Kasih sudah banyak memberikan pelajaran berharga bagi kami tentang kehebatan silaturahim. Semoga Alloh Swt menerima amal ibadah Aki, mengampuni dosa-dosa Aki dan menempatkan Aki di tempat yang mulia di sisiNya..Aamiin..

4 comments:

  1. Anonymous08:26

    Innalillahi wa innalillahi rajiun, mudah2an Aki dilapangkeun kuburna, diampuni sagala dosana. aamiin

    ReplyDelete
  2. Hiks,,, yang tabah ya mbak, semoga almarhum diampuni dosa2nya dan diterima pahalanya

    ReplyDelete
  3. Turut berduka cita ya Teh.. aki memang hebat, selalu menjaga silaturahmi. Itu salah satu jalan untuk memperpanjang umur...dan saya harus bisa mencontoh Aki, semoga semua amal ibadahnya diterima Allah SWT dan dilapangkan kuburnya..aamiin..

    ReplyDelete
  4. Innalillahi wa inna ilaihi rojiuun, aki moga berbahagia di sana ya..

    ReplyDelete