Mendapatkan omzet 1 Miliar? Wow, pasti
mau dong. Siapa sih yang gak ingin omzet kita ‘meledak’ sebesar
itu? Hal yang perlu diingat adalah bahwa “Besarnya omzet yang kita canangkan
hendaknya terukur dan realistis,” demikian yang disampaikan Muri Handayani,
owner Sekolah Bisnis Online serta RaZha & Co.
Pernyataan tersebut disampaikan saat memberikan materi cara menembus omzet yang
disampaikan dalam Business Plan Class yang diselenggarakan IIDB Bandung pada
tanggal 27 September 2014 lalu.
Dalam pelatihan yang bertempat di
Mamak Kitchen, yang berlangsung mulai pukul 12.30 sd 17.30 (semula dijadwalkan
s.d 17.00),disampaikan bahwa menembus omzet dalam jumlah tertentu adalah hal
yang harus dicanangkan dalam berbisnis. Jangan sampai pemilik bisnis tidak mengetahui
persis kondisi keuangan serta tidak memiliki target berapa besar omzet yang
diharapkan.
sumber : dok. pribadi Hayati Ozie Fauziyah
“Bisnis bisa saja diawali karena hobi atau karena kebutuhan pasar, namun jangan sampai berhenti pada 2 hal tersebut. Jika kita berbisnis hanya berdasarkan hobi biasanya tidak memperhitungkan untung atau rugi. Dan jika kita berbisnis berdasarkan kebutuhan pasar, biasanya jika pasar telah sepi maka bisnis turut mati,” demikian penjelasan Indari Mastuti, CEO Indscript Creative peraih berbagai penghargaan bergengsi dalam arahannya mengenai pentingnya sebuah Business Plan. “Bisnis yang baik, apapun alasan yang mengawalinya, haruslah dikawal dengan Business Plan. Segala gerak dan upaya yang dilakukan senantiasa mengacu pada isi Business Plan, bukan sekedar pada hobi atau kebutuhan pasar semata,”demikian Indari Mastuti menjelaskan.
Dalam worksop pembuatan Business Plan tersebut, disampaikan pula bagaimana pentingnya menuliskan visi dan misi
perusahaan, tag line, analisis SWOT, pengelolaan keuangan serta masih banyak
materi pendukung lainnya. Keberadaan bisnis yang dimiliki, tentunya diharapkan
mendatangkan keuntungan yang akan membuat bisnis tersebut langgeng serta memberikan
kesejahteraan bagi pemilik maupun karyawannya.
Mencapai omzet 1 Miliar dalam 1
tahun adalah target omzet yang dicanangkan RaZha, bisnis inner hijab yang dimiliki
Muri Handayani. Bagaimana mencapai target tersebut ? pertama kali lakukan
analisa penjualan yang terjadi selama 1 tahun. Bagi bisnis busana muslim, ada event-event tertentu dalam 1 tahun dimana
omzet bergerak naik, misal pada saat menjelang hari Raya. Atau ada pula kondisi dimana penjualan yang terjadi
sangat sepi, misal pada saat orang tua sibuk mempersiapkan keperluan memasuki
tahun ajaran baru.
Analisa pergerakan penjualan
dilakukan agar kita bisa menentukan target yang realistis dan terukur. Bagi
Muri Handayani, untuk mencapai target omzet
1 Miliar tersebut --- setelah dibantu realisasinya
menggunakan metrik --- maka dalam 1 hari minimal ada 7 set baju terjual.
Hmm…asyik bukan? Sebuah nominal yang Wow bisa
terasa lebih realistis saat kita jabarkan dalam target harian. Jika target Muri
Handayani adalah 1 M, berapa target omzetmu? Untuk terampil membuat Business Plan
serta melejitkan omzet, ikuti segera Business Plan Class IIDB.
0 komentar:
Post a Comment