Samuel Franklyn, Sang Pelintas Batas

Tayangan di salah satu televisi swasta malam itu, memperlihatkan sosok tubuh terbaring sambil tangannya sibuk mengetik di atas laptop. Lumpuh yang diderita selama 4 tahun, tidak menyurutkan semangatnya untuk terus bekerja keras menghadapi hidup. Dalam hidupnya yang kini tinggal sebatang kara, Samuel Franklyn tak patah arang dan menyerah.

Kejadiannya berawal pada tahun 2010, saat tiba-tiba dirinya terjatuh dan kemudian mendapati tubuh bagian bawahnya menjadi kesemutan dan terasa baal. Tak lama kemudian, Samuel Franklyn terserang lumpuh. Penyebabnya ternyata tulang belakangnya patah dan megakibatkan syaraf utamanya terputus.

Aktivitas lincah jemarinya di atas keyboard,  adalah kegiatan yang dilakukan untuk menuliskan kode – kode program. Samuel Franklin adalah seorang programmer lepas di Galileo. Beruntung, otak dan jemarinya masih bisa berdaya menghidupi tubuhnya yang hanya bisa terbaring lemah. Dengan bantuan laptop dan tentu saja koneksi internet handal, dirinya dapat terus bekerja dan mengirimkan tugas kantor yang diberikan padanya.

Menurut temannya, Samuel adalah ‘Sang Pelintas Batas’, dia bisa melewati batas kemampuan diri yang terlihat lemah.  Menunjukkan kegigihan dan semangat hidup yang tinggi. Dalam percakapan wawancara yang ditayangkan saat itu, menurutnya tak ada ruang dalam hidupnya untuk mengeluh dan menangisi nasib. Hidup adalah perjuangan.

Berita mengenai Samuel Franklin kiranya menjadi bahan pembelajaran bagi kita yang memiliki kondisi tubuh sehat dan normal.  Banyak kita temukan kasus bunuh diri atau orang menjadi hilang akal dalam kondisi ekonomi yang kian menjepit maupun kasus lain yang membuat berputus asa.  Padahal, dengan semangat tinggi dan keyakinan bahwa setiap orang dibekali bakat dan kemampuan hidup olehNya, pasti akan ditemukan jalan keluar atas berbagai persoalan hidup yang dihadapi.

Hidup ini hanya sekali. Yuk kita buat hapy dengan karya penuh arti. Stop mengeluh dan menyalahkan diri. Temukan bakat serta potensi. Bergerak dengan penuh keyakinan diri.Anda pasti Bisa!  


2 comments: