Hari Ayah Nasional : Kebiasaan Unik Sultan Hamengku Buwono X

Siaran wawancara di sebuah televisi swasta menampilkan orang nomor 1 di Yogyakarta. Pasti Anda semua pun mengenalnya. Beliau adalah Sri Sultan Hamengkubuwono X.


Sri Sultan hamengkubuwono X beserta keluarga (sumber : sakajogja.blogspot.com)
Sosok kebapakan dan sangat humble ini mampu menyita perhatian saya saat itu, kala reporter menyampaikan kebiasaan sehari-hari beliau, yang bagi saya pribadi, jarang ditemukan pada diri para Ayah dewasa ini pada umumnya.

Berikut adalah kebiasaan unik beliau antara lain :

  1.     Beliau menyetrika sendiri pakaiannya
  2.     Beliau menyemir sendiri sepatunya
  3.     Jika ada waktu santai, seringkali beliau memasak makanan untuk keluarganya
  4.     Untuk menjaga kesehatannya, beliau melakukan olah nafas. 

Saya mendapati beberapa kebiasaan beliau hampir sama dengan Almarhum Ayah saya. Karena Ibu saya adalah seorang wanita yang bekerja, maka Ayah dan Ibu bahu membahu dalam menyelesaikan tugas rumah tangga. Menyetrika dan menyemir sepatu seringkali Ayah lakukan sendiri.

Tentu saja jika kebiasaan tersebut dilakukan oleh seorang Sultan, akan menjadi hal yang unik. Karena sebagai seorang Raja tentu memiliki banyak pelayan, namun toh hal kecil dan sederhana tersebut malah beliau lakukan sendiri.

Begitu pula Nabi Muhammad, panutan umat Islam, beliau tak segan menjahit pakaiannya sendiri yang robek. Sungguh perbuatan yang patut ditiru Ayah masa kini, dimana kehadiran Asisten Rumah Tangga sulit didapat. Bukanlah hal  yang salah dan dosa, jika para Ayah mau berpeluh di pekerjaan rumah tangga bersama Bunda. Suasana romantis bisa tercipta disana.

Jika Sultan dan Nabi saja mau, mengapa masih ada Ayah yang tega membiarkan istri berjibaku sendiri mengurus seluruh pekerjaan rumah tangga tanpa uluran tangan dari para Ayah? Sosok Ayah jadi panutan anggota keluarga lainnya untuk peduli terhadap pekerjaan rumah tangga. Ayah tetap maskulin dan gak kehilangan wibawa. Selamat hari Ayah Nasional !






2 comments:

  1. Anonymous11:26

    sepakat, ayah dan ibu, bekerjah sama dalam merenda rumah tangga

    Oah Nafas, meditasi ya yg mungkin dilakukan Sultan?

    Selamat Hari Ayah juga...

    ReplyDelete
  2. Suami idaman juga mbk....Alhamdulillah insyAllah

    ReplyDelete