Polusi Suara bisa Timbulkan Penyakit Berbahaya

Polusi suara bisa menimbulkan efek samping yang fatal jika kita biarkan. Polusi suara berasal dari bermacam sumber antara lain : suara kendaraan,mesin, musik, dan sebagainya. Jika satu saat Anda merasa stres dan pusing setelah mengalami kemacetan, itu adalah pertanda Anda telah menjadi korban polusi suara.

Beberapa akibat yang ditimbulkan dari polusi suara antara lain :
  1. Menjadi sumber stres dan penyakit jantung.
  2. Lebuh dari 20 juta orang kehilangan kemampuan pendengaran, hal tersebut dituliskan dalam situs www.pollutionworld.com.
  3. Dalam jangka waktu lama bisa memperlemah sistem kekebalan tubuh.
  4. Polusi  suara dapat menimbulkan gangguan fisiologis (berkaitan dengan kimia tubuh). Meningkatkan tekanan darah, denyut nadi,pusing dan vertigo (www.ecademia.edu)
  5. Pada anak-anak polusi  suara menimbulkan perilaku agresif

"Masyarakat Bebas Bising" seruan atasi polusi suara (sumber : antara.com)
Warga yang hidup diperkotaan tentu saja rentan terkena dampak dari polusi suara ini. Untuk itu, salah satu cara yang bisa dilakuakn adalah dengan hindari kemacetan dengan berangkat kerja lebih awal atau memilih jalan alternatif yang minim polusi suara.

Bagi keluarga, pilihlah tempat tinggal yang tidak berdekatan dengan sumber polusi suara, karena jangka panjang akan menimbulkan berbagai macam penyakit serta bagi anak-anak akan memunculkan perilaku agresif.

Luangkanlah waktu untuk melakukan refreshing ke tempat-tempat sejuk yang memiliki banyak pepohonan. Cara tersebut dapat mengembalikan kesegaran tubuh, menghilangkan stres akibat aktivitas harian yang mungkin tidak bisa lepas dari polusi suara. Semoga sehat selalu jadi milik kita. Aamiin


Sumber : HU Pikiran rakyat

1 comment:

  1. Jadi inget dulu...tinggal di komplek AURI, dekat dengan bandara. Suara bising pesawat yang turun naik sudah menjadi hal yang biasa bagi kami..hi..hi..hi :)

    ReplyDelete