Mahar “Laskar Pelangi” Meninggal Akibat Kanker Otak?



Berita mengenai meninggalnya salah satu aktor yang memerankan tokoh bernama Mahar dalam film Laskar  pelangi cukup mengejutkan banyak orang.

Diberitakan bahwa sejak 2 hari yang lalu Mahar yang memiliki nama asli Verrys Yamarno mengeluh pusing kepala namun tak mau diajak berobat ke dokter. Mahasiswa IKJ  semester 3 ini kemudian kedapatan muntah-muntah sejak jam 08.00 pada hari Senin tanggal  11 Januari 2015.   

Teman satu kos kembali mengajaknya untuk memeriksakan diri ke dokter, namun Verrys tetap menolak. Hingga temannya terpaksa meninggalkannya karena akan kuliah.
Mahar adalah nama tokoh yang diperankan Verrys dalam film "Laskar Pelangi " (sumber gambar : internet)
Siang harinya pukul 14.30 diberitakan Verrys telah meninggal dunia di kamar kosnya di daerah Kramat, Senen, Jakarta Pusat.

Saya mendapati berita yang dimuat web entertainment.kompas.com bahwa pada tanggal 5 Juli 2012, Verrys mengalami kecelakaan saat mengendarai motor dan sempat tak sadarkan diri selama 14 hari. 

Hal tersebut mengingatkan saya pada dugaan kanker otak sebagai penyebab wafatnya suami. Alm suami sebelumnya terjatuh dari motor dan 2 tahun kemudian mengalami gangguan berjalan dan sesekali matanya kurang ‘awas’ dalam melihat. Terakhir Alm. suami menderita sakit kepala hebat.  Kemungkinan besar kanker otak pula yang menjadi penyebab kematian Verrys “Mahar” laskar pelangi ini. 

Berikut adalah gejala kanker otak yang perlu diwaspadai :

  1.   Menderit sakit kepala disertai mual sampai muntah yang menyemprot
  2.   Berkurangnya daya penglihatan
  3.   Mengalami penurunan kesadaran atau perubahan perilaku 
  4.   Mengalami gangguan dalam berbicara
  5.   Mengalami gangguan pendengaran
  6.   Mengalami gangguan berjalan dan keseimbangan tubuh
  7.   Mengalami gannguan syaraf 
  8.   Melemahnya anggota  gerak tubuh  atau kejang 
  9.     Pada bayi disertai ubun-ubun yang menonjol

 Untuk memastikannya perlu pemeriksaan lanjutan dengan antara lain dengan cara melakukan CT Scan atau MRI.

Usia adalah rahasia Alloh SWT, namun menjaga tubuh agar tetap sehat adalah kewajiban manusia sebagai tanda syukur padaNya. Untuk itu hindari trauma di daerah kepala dan penggunaan barang elektronik yang bisa menimbulkan radiasi. Jika Anda sering menggunakan handphone,  biasakan menggunakan hands free untuk mengurangi radiasi ke otak.

Biasakan hidup sehat dengan rutin olah raga, makanan makanan berserat, rajin mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung anti oksidan.

Mahar meninggal akibat terserang kanker otak? Wallahu A’lam..


1 comment: