Stefi Siera Ngangi Bersekolah di 3 Negara dan Sukses Sebagai Pengusaha Muda



Muda dan sukses adalah impian banyak orang. Namun hanya sedikit yang mau bersusah payah menempuh pahitnya perjuangan menuju puncak kesuksesan. Padahal sejatinya sukses adalah hak setiap orang.

Kisah seorang wanita muda yang sejak SMP bersekolah di luar negeri adalah hal yang akan dibagikan dalam artikel ini. Hidup terpisah jauh dari orang tua identik dengan kebebasan yang sulit dipertanggungjawabkan. Tidak demikian halnya bagi gadis bernama lengkap Stefi Siera Ngangi, yang mengenyam  pendidikan di Singapura, New Zealand serta Kanada. 

Hidup di 3 negara yang berbeda membawa Siera demikian panggilannya, menjadi duta bangsa. Pengalamannya selama bersekolah di 3 negara tersebut, khususnya saat menimba ilmu di Canada dimana banyak orang saat itu  tak mengenal Indonesia. Membuat topik pembicaraan mengenai Indonesia menjadi makanan sehari-hari. Tanpa disadari saat itu dirinya menjadi duta Indonesia.

Bersekolah ke luar negeri adalah pilihan terbaik yang dilakukan kedua orangtuanya. Lahir sebagai satu-satunya anak wanita di keluarganya tak membuatnya mengalami diskriminasi dalam pendidikan. Kedua orang tuanya justru meyakini bahwa anak wanita lebih cepat dewasa dibanding pria. Siera mulai dikirim untuk bersekolah di luar negeri saat memasuki SMP.

Stefie Siera Ngangi (sumber : wordholic.com)

Kedewasaan Siera muncul tatkala harus mengurus 2 orang adiknya yang menyusul dikirimkan orang tuanya untuk bersekolah di Singapura. Pengalaman membuatnya menjadi seorang Duta Indonesia terasa manakala orang tuanya kemudian mengirimkannnya ke New Zealand saat dirinya baru 2 tahun menimba ilmu di Singapura.  Terpilihnya New Zealand karena nilai dollarnya lebih rendah dari Singapura. Gisborne adalah nama kota kecil di wilayah New Zealand, tempat Siera makin menajamkan kemampuannya dalam berbahasa Inggris. Tak banyak anak-anak dari luar New Zealand bersekolah di Gisborne. Di kota kecil tersebut, hanya Siera satu-satunya pelajar yang berasal dari Indonesia. Hampir semua temannya menanyakan dimanakah gerangan letak Indonesia. Banyak temannya mengenal Bali sebagai sebuah negara sendiri. Sejak saat itu dimanapun Siera berada, topik mengenai Indonesia menjadi hal yang tak pernah terlewat untuk dibicarakannya.

Kemandirian serta kecepatan beradaptasi, menjadi pribadi yang mampu mandiri yang bertanggung jawab adalah hal positif yang dimiliki selepas bersekolah di luar negeri. Sikapnya tersebut menghantarnya untuk sukses menggeluti bisnis setelah kembali ke Indonesia, salah satunya adalah memiliki lembaga pendidikan bagi anak pra sekolah.  Kiwikids Preschool & Kindergarten  adalah nama sekolah bagi anak usia dini yang didirikan pada tahun 2004.

Selain preschool, gadis mandiri ini juga mendirikan dan mengelola sebuah sanggar tari dengan nama Stefie’s House of Creativity (balet, modern dance, modeling, tari dll) pada tahun 2006. Selanjutnya pada tahun 2010 Siera mendirikan dan mengelola Kiwi School (Primary dan High School) dengan kurikulum internasional. Bersekolah dan jauh dari orang tua menghantarkannya menjadi pribadi mandiri dan sukses. Bagaimana dengan Anda?



1 comment:

  1. Anonymous07:08

    Masih muda sudah sukses. Itu adalah dambaan bagi para orang tua, bisa mandiri di usia yang masih muda.

    ReplyDelete