Proses Bisnis Pembukaan Rekening Valas



Masyarakat pada umumnya menyimpan dana di perbankan dalam bentuk deposito atau tabungan dalam mata uang rupiah. Sebagian belum mengetahui bahwa bank  juga dapat dimanfaatkan untuk bertransaksi valuta asing, seperti dollar Amerika, dollar Singapura, atau mata uang asing lainnya.
Menabung dalam bentuk mata uang asing memberikan bunga (interest) yang sangat kecil, namun dengan berinvestasi dalam mata uang asing juga bisa memberikan keuntungan yang lain.

Ada beberapa tujuan menyimpan dana dalam mata uang asing secara jangka panjang, di antaranya:
1. Berniat sekolah lagi di luar negeri. 
2. Berencana untuk berwisata ke luar negeri atau menjalankan ibadah haji.
3. Ingin mempertahankan daya beli dan nilai mata

Berdasarkan hal tersebut, penulis mengumpulkan informasi terkait proses bisnis yang terjadi saat pembukaan rekening valas. Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui langkah-langkah yang harus dipenuhi saat pembukaan rekening valas.

Selanjutnya pengumpulan informasi pembukaan rekening valas ini dilakukan dengan objek pada  proses bisnis pembukaan rekening valas yang terdapat di Bank BCA dan Bank BII.
Sebagai gambaran umum, berikut layanan pembukaan rekening valas yang terdapat di bank BCA  selanjutnya dinamakan BCA Dollar dan BII yang selanjutnya disebut BII Super Valas.


BCA DOLLAR
Sumber gambar : bca.co.id

BCA Dollar menyediakan  dua pilihan mata uang, yaitu mata uang USD (Dollar Amerika) dan SGD (Dollar Singapura).
Kemudahan yang diberikan dalam BCA Dollar :
  • Kartu BCA Dollar. Dengan kartu BCA Dollar, memungkinkan Anda untuk melakukan transaksi di ATM BCA yang tersebar di seluruh Indonesia.
  • Fasilitas e-Banking. Selain di ATM BCA, Anda juga dapat melakukan transaksi melalui internet banking (KlikBCA), mobile banking (m-BCA) dan Phone Banking (BCA By Phone), tanpa dibatasi oleh waktu dan ruang.
Pada dasarnya tidak ada batasan limit saldo minimum di rekening BCA Dollar. Hanya saja jika dalam 3 bulan berturut-turut rekening BCA Dollar tidak memiliki saldo, maka secara otomatis rekening tersebut akan ditutup. Untuk tarikan banknote lebih dari USD 1.000 atau SGD 1.000, Anda wajib memberitahukan ke cabang sehari sebelumnya. Jika tidak, akan dikenakan biaya sebesar Rp 100.000.


Proses Bisnis Pembukaan Rekening BCA Dollar :
Untuk membuka rekening BCA Dollar, prosesnya sangat sederhana, cukup lakukan 5 langkah berikut dan tabungan BCA Dollar dapat menjadi milik Anda.
  1. Berlaku bagi nasabah perorangan yang telah berusia 21 tahun atau telah menikah
  2. Mengisi dan menandatangani formulir permohonan di atas materai
  3. Membawa dan menyerahkan fotokopi dokumen identitas diri dengan memperlihatkan identitas diri yang asli serta NPWP
  4. Minimum setoran awal USD 100 atau SGD 200
  5. Biaya administrasi bulanan sebesar 1 USD atau 2 SGD


BII Super VALAS

Sumber Gambar : bii.co.id

Rekening dalam mata uang asing untuk nasabah perorangan di Bank BII  tersedia untuk 4 jenis mata uang, yaitu: Dollar Amerika (USD), Dolar Singapore (SGD), Euro (EUR), dan Dollar Australia (AUD). Semua transaksi akan dilaporkan melalui laporan rekening yang setiap bulannya akan dikirimkan langsung ke alamat Anda. Sebagai pemilik rekening Super Valas BII, Anda juga berhak menikmati kemudahan akses melalui layanan ATM, Phone Banking, Internet Banking.
Proses Bisnis Pembukaan Rekening Super Valas BII
  • Mengisi formulir permohonan pembukaan rekening
  • Sertakan bukti identitas diri (KTP/SIM atau Paspor & KIMS/KITAS/KITAP)
  • Setoran awal USD 250 / SGD 250 / EUR 250 / AUD 250*.
* Dapat berubah sewaktu-waktu

Demikian proses bisnis yang terjadi pada saat pembukaan rekening valas di bank BCA dan BII. Dari informasi tersebut di atas kita dapat mengetahui bahwa layanan BCA Dollar hanya tersedia untuk dollar Amerika dan dollar Singapura. Sedangkan Super Valas BII memungkinkan nasabah menyimpan uang dalam bentuk Dollar Amerika (USD), Dolar Singapore (SGD), Euro (EUR), dan Dollar Australia (AUD). Untuk prosedur pembukaan rekening BCA Dollar terlihat lebih ketat dengan meminta nasabah menandatangani formulir di atas meterai. Lain lagi halnya Super Valas BII hanya meminta nasabah menandatangani permohonan pembukaan rekening dengan nilai  setoran awal yang jauh lebih besar dibanding BCA Dollar.

 Referensi :
http:// www. bca.co.id
http://www.bii.co.id

0 komentar:

Post a Comment