Siap Memasuki Pasar Global Bersama FORMASI – G

Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) sudah di depan mata, sudah siapkah kita? MEA adalah kenyataan yang akan kita hadapi segera dan kenyataan di lapangan menunjukkan kita belum siap sepenuhnya menghadapi persaingan yang akan datang tersebut.

Sebagai bentuk konsekuensi MEA adalah masuknya pekerja– pekerja asing terlatih serta serbuan produk-produk asing ke dalam negeri. Tentu saja hal ini amat mengkhawatirkan jika sampa idengan saat ini tidak ada upaya serius dari pemerintah maupun warga negara untuk menghadapi dampak dari MEA tersebut.

Salah satu bentuk kepedulian menghadapi MEA dan isu-isu yang bersifat Global lahirlah FORMASI – G yang merupakan kepanjangan dari Forum Masyarakat Indonesia Berwawasan Global. Forum tersebut merupakan wadah yang berperan dalam membahas isu – isu global. Bertujuan mengajak seluruh masyarakat untuk bersinergi.

FORMASI – G akan membentuk sebuah kekuatan berbasis masyarakat yang akan saling berbagi dan berbakti agar semakin banyak produk dan SDM Indonesia yang siap Go Global. Aktivitas yang akan dilakukan antara lain adalah tukar informasi melalui website  dan medsos yang dirangkum menjadi ide - ide yang bersifat membangun. Hal tersebut dimaksudkan pemahaman kita akan isu-isu global meningkat.

Bentuk langkah nyata berikutnya  mendirikan Badan Usaha Milik Formasi – G serta menjalin kerja sama dengan pihak industri dan pengusaha lainnya agar bisa memberikan contoh riil meningkatkan daya saing produk-produk Indonesia.

Sumber Gambar : internet

Sejarah pembentukan Formasi – G berawal dari saat Dr. Suyoto Rais pada bulan Januari 2014 kembali ke Indonesia setelah selama 25 tahun “merantau” di Jepang, Eropa dan China serta Thailand. Kembalinya Dr Suyoto Rais adalah untuk memimpin perusahaan manufaktur Jepang. Beliau juga menjadi dosen tamu di ITB dan mulai aktif menjalin relasi dengan para alumni Jepang dan luar negeri lainnya.

Selanjutnya pada bulan Juni 2015 IABIE, 14 dan MITI memberikan dukungan pada FORMASI – G dan siap untuk mendeklarasikan dan membesarkannya secara bersama-sama. Berikutnya pada bulan Agustus 2015 buku perjalanan hidup Dr. Suyoto Rais sebagai profesional Global diterbitkan dan diberi judul “Seindah Sakura di Langit Nusantara” Didalam bukunya beliau menuliskan keinginannya untuk membentuk FORMASI – G. Dengan demikian dukungan dari publik maupun lembaga lainnya mulai terlihat.




Sumber Gambar : internet


Pada bulan September 2015 FORMASI – G direvisi menjadi Forum Masyarakat Indonesia Berwawasan Global dan siap untuk dideklarasikan pada bulan Desember 2015.
  
Tidankan nyata dari Dr. Suyoto Rais serta rekan-rekan dalam mendirikan FORMASI – G patut kita syukuri. Dengan demikian akan tercipta sinergi kekuatan yang akan membatu kesiapan Indonesia memasuki tantangan global. Ingin gabung dalam FORMASI – G? tinggal klik www.formasi-g.net atau melalui akum Facebook FORMASI – G.











1 comment:

  1. sudah punya buku nya namun belum sempet baca nehhh

    ReplyDelete