Ini Dia 3 Kartu Sakti keluaran Jokowi-JK

Kemunculan 3 kartu sakti bagi warga miskin sudah berlangsung sejak tanggal 3 November 2014. Ke 3 kartu tersebut antara lain kartu Indonesia Sehat, Kartu Indonesia Pintar serta Kartu Keluarga Sejahtera.

Adapun penggunaan masing-masing daru kartu tersebut adalah :

  1. Kartu Indonesia Sehat digunakan untuk memperolah jaminan layanan kesehatan.
  2. Kartu Indonesia Pintar digunakan untuk memberi bantuan  pada keluarga yang memiliki anak usia sekolah.
  3. Kartu Keluarga Sejahtera diberikan untuk menyalurkan dana kesehatan, pengganti kartu BPJS.


Tiga kartu "ajaib" KIS, KIP, KKS (sumber gambar :health.liputan6.com)
Bagaimana cara memperoleh kartu tersebut? Bagi warga yang telah memperoleh Kartu Perlindungan Sosial (KPS) yang selama ini digunakan untuk memperoleh BLT dapat segera menukarkan kartu KPS tersebut ke Kantor Pos untuk memperoleh 3 kartu tersebut (KIS,KIP,KKS)
Bagaimana nasib warga miskin yang belum memperoleh KPS? Warga tersebut dapat meminta surat keterangan tidak mampu kepada kantor kelurahan setempat.
Apa bedanya KIS (Kartu Indonesia Sehat) dengan BPJS? Kartu BPJS akan digantikan dengan kartu 
KIS yang keduanya sama memiliki fungsi jaminan dalam kesehatan warga.

Selain itu warga akan memperoleh layanan E-Cash untuk mengetahui saldo uang mereka. Kemunculan ke 3 kartu tersebut menuai kontroversi, yang paling disinggung adalah sumber pembiayaan untuk menyokong dana dari penggunaan kartu tersebut.

Belum lagi adanya E-cash yang menyulitkan masyarakat bawah. Mereka masih bingung bagaimana menggunakan chip tersebut di ponsel untuk mengecek saldo dana bantuan milik mereka.

Diluar itu semua, kemunculan ke 3 kartu tersebut menunjukkan itikad baik pemerintahan Jokowi –JK. Untuk berpindah ke dalam sistem baru, tentu membutuhkan adaptasi dan peran aktif dari semua pihak. Terutama dalam mengawasi masalah kebocoran dana serta adanya oknum masyarakat yang mendadak mengaku miskin, hingga menyalahgunakan layanan tersebut.


Sumber: liputan 6

2 comments:

  1. yg pnting sosialisasinya merata ya mbk...aplagi dkalangan masyarakat awam dpolosok negeri.pngalaman tinggl di Papua, administrasi dll rempong bingit mbk..hehe

    ReplyDelete
  2. Mudah-mudahan kartu-kartu itu bisa benar-benar bermanfaat bagi yang membutuhkan ya Teh.

    ReplyDelete