Olahan Ikan Tongkol, Khas Negeri laskar Pelangi

Olahan Ikan Tongkol, Khas Negeri laskar Pelangi --Awalnya saya tidak suka mengkonsumsi ikan, apalagi ikan laut. Bau anyir ikan yang tercium hidung, membuat saya enggan memakannya.

Namun semenjak menikah dan hamil anak pertama kebiasaan tersebut perlahan hilang. Suami yang berasal dari Pulau Belitung, lebih suka aneka masakan dengan bahan dasar ikan. Otomatis sebagai istri saya mencoba belajar aneka olahan ikan khas pulau yang sekarang lebih dikenal sabagai Negeri Laskar Pelangi.

Pengetahuan tentang ikan yang kaya akan protein dan sangat baik untuk tubuh serta bayi yang saya kandung mendorong saya mencoba menikmati aneka olahan ikan.

Dari sekian banyak jenis olahan ikan khas Belitung, saya paling suka ikan tongkol menggunakan rempah-rempah berkuah kecap. Barangkali karena rasanya yang gabungan manis- asam-pedas lebih cocok di lidah Sunda saya.

Beberapa kerabat di Bandung menyukai pula olahan tongkol ini. Rasa anyir hilang dengan rempah-rempah yang menjadi ciri khas olahan ikan ini. Untuk itu saya ingin membagikannya pada  Anda.

Bahan Dasar :
Ikan tongkol 0,5 kg di cuci bersih dan di potong-potong
Kecap manis secukupnya
Air asam jawa
Cabai rawit merah
Terasi
Merica bubuk
Cabe merah 5 siung
Lengkuas 3 cm
Kunyit 3 cm
Garam secukupnya
Gula putih secukupnya
 
olahan ikan tongkol
Bahan dasar olahan ikan tongkol

Cara Membuat :
Iris  bawang merah
Potong-potong lengkuas dan kunyit membentuk korek api
Potong-potong kecil cabe rawit merah
Oseng bumbu, setelah harum masukkan air secukupnya.
Setelah air mendidih, masukkan potongan ikan tongkol
Beri air asam
Masukkan kecap dan merica bubuk
Masak sampai bumbu meresap
Tongkol siap dihidangkan.
 
masakan khasn belitung
Olahan ikan tongkol khas Belitung, paduan asam-manis-pedasnya menggoda selera
Rasa manis-asam-pedas begitu menggugah selera, apalagi musim hujan seperti saat ini, membuat tubuh terasa hangat. Olahan ikan tongkol khas Negeri Laskar pelangi patut menjadi pilihan.


2 comments:

  1. Bumbu dan cara mengolahnya sederhana ya Teh..

    ReplyDelete
  2. Anonymous16:56

    Kuliner dari Bangka Belitung memang sangat nikmat. Kalau di Bangka, ikan tongkol enak dimasak lempah kuning atau dibakar. Pas banget buat acara tahun baru kemarin.

    ReplyDelete