Tips Memilih Tempat Khitan Anak

Tips memilih Tempat Khitan Anak ---Memasuki musim libur adalah saat yang tepat bagi anak untuk melakukan khitan. Dewasa ini ada banyak pilihan tempat guna melaksanakan proses tersebut disertai berbagai  metode yang akan digunakan.

Saya pribadi memiliki pengalaman yang berbeda dengan prosesi khitan atas 3 orang anak lelaki yang saya miliki. Sebagai seorang muslim, langkah pertama yang saya lakukan adalah menyampaikan bahwa proses khitan merupakan proses pelaksanaan perintah Alloh SWT. Berikutnya menetapkan waktu khitan. Biasanya saya lakukan sewaktu sekolah libur dan saat usia anak sudah besar ( 9 tahun ke atas). Harapannya agar anak lebih memaknai proses khitan sebagai proses ritual agama serta memahami bahwa dirinya telah beranjak besar dan mulai belajar menjaga auratnya.

Jika Anda tinggal di kota besar, biasanya terdapat banyak pilihan tempat khitan dengan berbagai fasilitas dan pilihan kelas. Saya sendiri memilih memanggil kawan suami (home service) untuk khitan anak pertama. Metode yang saya pilih adalah metode konvensional. Sempat ngeri juga karena belum memiliki pengalaman merawat khitan anak.

Khitan di rumah lebih nyaman karena anak tak perlu bangun subuh untuk antri juga orang tua bisa turut mendampingi.  Berbeda dengan khitan anak ke dua, saya memilih satu klinik terkenal di kota Bandung. Kami perlu berangkat subuh karena memilih kelas reguler. Satu kali khitan dipanggil sekitar 10 anak masuk ruangan tanpa pendampingan orang tua. Metoda yang saya pilih juga metoda konvensional.

Mengurus khitan anak yang dilakukan dengan metoda konvensional ternyata butuh waktu lama. Sekitar 3 mingguan luka baru kering dan anak baru bisa kembali bersekolah.

Untuk anak nomor 3, karena agak penakut, saya pilih khitan di Rumah Sakit Swasta dekat rumah. Disana terdapat klinik khitan dengan membolehkan orang tua turut mendampingi Anak.

Metode khitan menggunakan laser. Rupanya luka khitan lebih cepat sembuh. Di hari pertama (sore hari) anak saya sudah bisa buang air kecil tanpa bantuan. Merawatnya pun tak sesulit saat kedua kakaknya khitan dengan metode konvensional. Semula saya ragu untuk menggunakan metoda khitan cara laser bagi anak saya. Untuk itu, saya melakukan kosultasi dan pemeriksaan oleh dokter atas kondisi anak yang akan dikhitan. Berdasarkan pemeriksaan dokter, anak saya memenuhi syarat untuk diberlakukan metode khitan dengan cara laser. 

Berdasarkan pengalaman tersebut saya ingin membagi tips memilih tempat khitan Anak pada pembaca sekalian :
  1. Pilih tempat khitan yang  Anda angap paling mudah untuk proses kontrol Ananda
  2. Tanyakan kualitas layanan khitan pada saudara atau tetangga yang penah menggunakan jasanya
  3. Jangan lupa konsultasikan kondisi anak pada dokter agar tepat memilih metode khitan
  4. Usahakan pilih tempat khitan ramah Anak
Khitan murah di Bandung
Anak dibaringkan bersiap dikhitan 
Klinik Khitasn RSAI Bandung
Klinik Khitas RSAI Bandung saat ini berada di lantai 2
khitan di RSAI Bandung
Ruang khitan ramah anak 

O ya saya memilih Klinik Khitas RSAI karena jaraknya dekat dengan rumah juga layanan profesional yang  diberikannya. Hal yang paling saya suka adalah klinik ini tidak memberlakukan paket-paket khitan dengan biaya "wah". Jika survey ke beberapa tempat di Bandung, biaya khitan melesat menembus 1 juta, fantastis.. Di RSAI biaya sangat terjangkau dan layanan yang didapat pun prima. 

Saat anak saya khitan yakni tanggal 29 Desember 2014, biaya khitan yang diberlakukan Rp. 310.000,00 sudah termasuk pemberian obat dan celana khitan. Biaya tersebut dikenakan bagi pasien umum. Selanjutnya kita hanya mengeluarkan baya kontrol sebesar Rp. 45.000,00. kami berangkat dari rumah pukul 07.30. Proses khitan berlangsung sekitar 30 menit. 

Alhamdulillah proses khitan berjalan lancar, anak pulang bisa langsung berjalan dan memakai celana dalam khusus khitan. 

Demikian informasi Tips Memilih Tempat Khitan Anak. Semoga bermanfaat.

2 comments:

  1. Anak saya juga dikhitan dengan cara di laser, keluar dari ruang khitan bisa langsung pakai celana :D . Bekasnya pun cepet kering.

    ReplyDelete
  2. Anonymous18:01

    Yang jelas supaya anak nyaman dan tidak takut. Teknologi yang sekarang banyak digunakan adalah laser.

    ReplyDelete