4 Langkah Jitu Memulai Bisnis Daycare Rumahan



Beberapa dari Anda barangkali masih belum familiar dengan istilah Daycare. Dalam Bahasa Indonesia, Daycare lebih  dikenal dengan istilah Taman Penitipan Anak (TPA) . Keberadaannya tak lain guna memberikan solusi bagi Ibu bekerja dalam rangka pengasuhan, perawatan dan pendidikan Ananda.

Perhatian pemerintah terhadap pendidikan Anak Usia Dini, menjadikan keberadaan Daycare mendapat perhatian tersendiri. Bahkan beberapa waktu yang lalu dikeluarkan peraturan mengenai  perlunya  Daycare / TPA dilingkungan kerja guna memudahkan orang tua memantau aktivitas Ananda selala bekerja.

Daycare dapat pula didirikan oleh perorangan dikenal dengan sebutan Daycare Rumahan (Home Daycare). Biasanya memanfaatkan space di rumah atau sengaja menyewa sebuah rumah guna terlaksananya keguatan penitipan anak. 

Jika Anda seorang yamg peduli terhadap pendidikan anak usia dini serta  tertarik untuk serius berbisnis Daycare, berikut ini adalah panduan awal yang harus Anda ketahui :

Riset Pasar
Apapun bisnis yang Anda akan tekuni, riset pasar memegang peranan terpenting. Pelajari lingkungan dimana Anda akan membuka layanan Daycare. Patikan jumlah anak usia dini  dan Ibu bekerja memenuhi syarat untuk menjadi calon pelanggan Anda.

Tentukan Tempat Berlangsungnya Kegiatan Daycare
Jika target market sudah Anda pelajari berikutnya adalah menentukan tempat terselenggaranya daycare. Pastikan lokasi tidak jauh dari jalan besar hingga mudah disakses serta aman bagi anak. Jika memenuhi syarat, Home Daycare bisa memanfaatkan rumah tinggal atau sengaja menyewa sebuah rumah khusus guna terselenggaranya kegiatan Daycare.

Tentukan Nilai Jual Daycare yang Anda miliki
Sebagai bisnis yang bergerak di Bidang jasa, inovasi utama adalah di kulitas layanan.Berikan layanan terbaik semisal buka lebih awal, hanya tutup saat libur nasional serta memberikan laporan perkembangananak per semester dan mendatangkan tenaga kesehatan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan berkala.

Lakukan Promosi
Kegiatan Promosi dapat dilalukan secara online, memasang spansuk dan menyebarkan brosur. Berikutnya pelajari sistem promosi mana yang paling ampuh sehingga Anda lebih fokus di dalamnya.

Demikian 4 langkah jitu yang perlu Anda lakukan dalam memulai bisnis Daycare . Langkah tersebut saya praktekkan langsung saat merintis Daycare Bintang Cherria.

Contoh Daycare Rumahan Bintang Cherria di Bandung (foto : dokumen pribadi Bintang Cherria)

 
Home Daycare dapat menyelenggarakan layanan anak usia PG dan TK jika tempat memungkinkan (Foto : dokumen pribadi Bintang Cherria)   

Berdasarkan pengalaman, manfaat yang bisa diperoleh dengan membuka Daycare Rumahan antara lain : modal relatif kecil,  apalagi jika memanfaatkan rumah tinggal. Ramah siswa karena setting layaknya rumah sendiri serta kemanan lebih terjamin karena memberdayakan SDM yang berasal dari lingkungan sekitar. Hingga kekerasan pada anak bisa dihindari.
 
Semoga bermanfaat. Sukses bagi Anda semua.

2 comments:

  1. Sngat bemanfaat sekali postnya bu:) terima kasih..

    ReplyDelete
  2. Ada niat mau buka ini dirumah... bismillah...
    Infonya sangat membantu biar tercerahkan ummi..
    Makasih yaaa...

    ReplyDelete