5 Cara Memperoleh Ide agar Artikel Blog Menarik dan Unik



Bagi Anda yang tertarik untuk serius ngeblog tentu ide dalam menuliskan sebuah artikel menjadi jantung bagi keberlangsungan hidup blog Anda. Tanpa itu, Anda hanya menjadi plagiat yang kerjanya copas artikel orang untuk disimpan di Blog Anda he..

Beberapa orang dengan mudahnya memperoleh ide untuk membuat artikel yang menarik dan unik. Namun masih banyak diantaranya yang merasa mumet dan berputus asa karena merasakan sebaliknya.

Ide tulisan sebenarnya ada di sekeliling Anda, hal yang anda rasa bermanfaat dapat dijadikan ide untuk dituliskan dalam sebuah artikel blog.

Dari mana ide tulisan tersebut dapat diperoleh ? Berikut saya bagikan untuk Anda
 
belajar menulis
Mencari ide tulisan (sumber gambar : jateng.tribunnews.com)
Artikel di Media Cetak
Jika Anda membaca artikel di media cetak dan Anda rasa isinya bermanfaat, maka dapat Anda rewrite dengan menyertakan informasi tambahan yang Anda peroleh melalui mesin pencari.

Succes Story
Bila menemukan teman atau rekan yang  mempunyai kisah  sukses dan layak untuk dibagikan, hal tersebut bisa menjadi ide tulisan Anda. 


Kisah Insiprasi
Banyak juga pembaca yang suka belajar dari kisah hidup yang menggugah hati. Dari sana para pembaca bisa mendapat hikmah dan beryukur atas karunia yang telah Alloh SWT berikan. 

Pengalaman sehari- hari
Ide yang paling mudah Anda tuangkan menjadi sebuah tulisan adalah berdasarkan pengalaman Anda. Lebih orisinil dan cepat dalam pembuatannya.

Berita di media elektronik
Banyak orang dengan tingkat kesibukannya tak sempat melihat dan mendengar langsung informasi dari media elektronik, misalnya Televisi. Anda bisa membantu menyebarkan berita yang bermanfaat dengan proses rewrite tentunya.


Banyak orang menulis dengan tema yang sama, namun jika Anda mampu memandang dari sudut (angle) yang berbeda tentu akan menjadi sebuah artikel yang unik dan menarik.

Kebiasaan tersebut di atas sudah saya praktekkan sendiri dalam rangka kegiatan menulis di Blog. 

Percayalah, jika sudah demikian Anda tidak akan kehabisan ide. Melainkan sebaliknya, apa yang Anda lihat, dengar dan alami selalu menjadi inspirasi ide menulis di blog.

Tak heran jika kemudian buku catatan, kamera  dan alat perekam suara senantiasa mengawal aktivitas Anda. Setiap moment menjadi sangat berharga untuk dilewatkan menjadi ide tulisan di Blog.

Selamat Mencoba. Semoga sukses.



1 comment:

  1. Ide untuk menulis dapat kita temukan di sekitar kita ya Teh.. :)

    ReplyDelete