Pembinaan bagi Wajib Pajak, Mau?


Para wajib pajak saat ini bisa bernapas lega, terutama bagi yang memiliki keterlambatan dalam pembayaran maupun masih terdapat kesalahan dalam pelaporan yang dilakukan. Hal tersebut dikarenakan adanya pemberlakukan reinventing policy yakni adanya penghapusan sanksi yang tentu saja akan membuat ringan para wajib pajak.

Anda masih mau mangkir dalam membayar pajak? Melakukan manipulasi terhadap laporan pajak? Waspadalah karena pelanggar pajak akan dikenakan sanksi dan juga hukuman Hal tersebut tentulah akan merugikan, apalagi jika yang Anda berstatus sebagai pengusaha, tentunya kepercayaan dari klien akan menurun.

Lantas hal terbaik seperti apa yang seharusnya dilakukan oleh para wajib pajak? Zeti Arina seorang konsultan pajak merangkap ketua IKPI Surabaya menekankan adanya kejujuran dalam pelaporan pajak. Seringkali para pengusaha melakukan manipulasi data dan terkadang masih malas untuk mengurus data jika  data yang dilaporkan tergolong salah.

Zeti Arina seorang konsultan pajak yang gencar melakukan pembinaan bagi wajib pajak


Selanjutnya Zeti Arina yang merupakan CEO dari Artha Raya Consulting menjelaskan bahwa ada banyak keuntungan yang akan diperoleh jika menyegerakan diri untuk membayar  pajak. Beberapa manfaat yang bisa diperoleh yakni : tidak dikenakan denda keterlambatan mulai tahun 2010 sampai 2014 dan menghindari denda yang lebih besar apalagi kalau sampai dilakukan pemeriksaan.

Para pelanggar pajak mulai tahun 2016 nanti akan dikenakan hukuman pidana. Karenanya jangan melakukan tindakan pemakaian faktur fiktif atau sengaja melakukan kelalaian dalam pelaporan. Bersegeralah untuk melakukan perbaikan pelaporan.

Salah satu hal yang seringkali memunculkan kecurigaan patugas adalah adanya manipulasi data. Haruslah terdapat kesesuaian antara aset yang dimiliki dengan pembayaran pajak. Petugas pajak akan mencurigai jika kemudian seseorang memiliki rumah senilai 500 juta namun dalam daftar harta tidak tercantum adanya tabungan atau hutang. Apalagi jika disertai dengan laporan  besarnya nominal penghasilan yang masih sedikit.

Bagi Anda yang merasa lalai dalam melakukan pembayaran pajak dan merasa masih memiliki kesalahan dalam pelaporan, hendaknya bersegera untuk memperbaiki dan membayarnya. Apabila masih memiliki hal-hal yang dirasakan sulit untuk dipahami segeralah hubungi konsultan pajak. Zeti Arina yang akan membantu Anda mengatasi kesulitan yang dihadapi.

Pembinaan bagi wajib pajak? Bisa jadi Anda adalah salah satu yang harus mendapatkan pembinaan tersebut.









1 comment: